"no one is born a great cook, one learns by doing"

Senin, 30 Desember 2013

Lontong Isi Bakar Bumbu Kemangi - Rice Rolls Roasted with Herbs Basil


Sore hari, habis mandi, kadang perut kerasa laper kan? enaknya ngemil sesuatu sambil minum teh untuk menunda laper, bener nggak?? hehehehe....., Sebenernya ini bukan masakan yang aku bikin hari ini sih, jadi keinget karna rasa laper di sore hari kayak sekarang ini. Ini masakanku beberapa hari yang lalu, belum sempet aku posting, hehehehe....., resep ini hasil eksperimenku sendiri, karna aku bingung pas itu pengen masak apaan buat ngisi waktu luang saat pada liburan ( kalo liburan sepupu atau ponakan pada main kerumah ). Nasi isi kayaknya dah jadi masakan familiar dimana mana, di jawa ada namanya Arem arem, di jepang ada Onigiri, di korea ada Kimbab, macam macam lah pokoknya. Intinya sih olahan nasi isi biasanya digunakan untuk bekal piknik atau kesekolah. Aku dah lama tuh kepengen bikin nasi isi ala jawa "arem arem", nasi yang dimasak dengan santan dengan isian sambal goreng ati biasanya. Tapi jujur aja aku kurang suka santan, makanya aku sempet mikir gimana bikin nasi isi tapi nggak usah pakek santan.


Pas udah nyiapin semua bahan, aku malah berubah pikiran, aku malah kepengen bikin nasi bakar yang berbumbu gitu, soalnya nasi bakar yang biasa aku beli rasanya tuh nggak nampol gitu. Pokoknya pas itu aku bingung gitu, karna adikku lagi nggak dirumah jadi nggak ada juga yang aku mintain pendapat, alhasil aku bikin juga lah nasi isi itu, dengan nasi yang kumasak dengan resep nasi ayam dan isian berupa ayam dengan bumbu kemangi, karna bentuknya mirip sama lontong  aku kasih nama " Lontong Isi Bakar Bumbu Kemangi ". Ini dia resepnya, untuk resep nasi bisa dilihat di nasi ayam :

Bahan baham : 
  • 800 gr ayam, rebus dan haluskan hingga jadi suwiran lembut
  • 100 gr kemangi, bagi jadi dua
  • 2 sdm kecap manis
  • garam secukupnya
  • air kaldu ayam secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus
  • 6 buah cabe rawit ( bisa dihilangkan bila tidak suka pedas)
Bumbu halus :
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 butir kemiri
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 2 sdt gula merah serut

Cara Pembuatan :
  1. Campurkan ayam dengan kecap manis bumbui dengan garam hingga tercampur merata.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam dan air kaldu
  3. Setelah air kaldu menyusut ambil sebagian kemangi, dan masukan pada tumisan ayam, masak hingga kaldu mengering lalu angkat.
  4. Ambil nasi ayam yang telah dimasak, dinginkan terlebih dulu, taruh diatas daun pisang dan ratakan nasi, seperti membuat sushi.
  5.  Letakkan ayam, daun kemangi, dan cabai diatasnya lalu gulung.
  6. Bungkus dengan menggunakan daun pisang, 
  7. Bakar diatas api kecil sampai daun pisang berubah warna secara merata, angkat dan sajikan.



Aku makannya dengan cara kupotong potong biar mudah waktu makannya, bisa juga dibuka dan dimakan dengan sendok kayak makan nasi biasa. Nasinya pulen dan berbumbu, enak deh pokoknya. Dan yang paling penting bikinnya gampang banget. Pas orang rumah pulang, mereka makan masakanku dan katanya enak trus baunya harum banget. Bahkan ibuku yang biasanya marah marah kalo aku masak aja bilang katanya enak banget, rumah kita baunya jadi kayak restoran nasi bakar ( perlu dicatat ibuku tergolong ibu ibu lebay heheheh peace mom), hehehehehe......, Ingat ya bagi kalian yang nggak suka pedas, skip cabe rawitnya, selamat mencobaaa, hehehehe......














0 komentar:

Posting Komentar